Game Classic Raknarok Online

Ragnarok Online adalah sebuah MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) dari Korea Selatan yang dibuat berdasarkan cerita dan latar belakang yang sama dari komik korea terkenal berjudul “Ragnarok” yang ditulis oleh Lee Myoung-Jin.

Komik ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah game online yang memfokuskan fitur komunitas antar pemainnya. Game ini dibuat oleh Gravity Corporation. Pada hari Rabu, selalu diadakan maintenace minggu yang mana client RO selalu diperbarui setiap saat untuk menambah kenyamanan bermain serta menambahkan hal-hal, barang, kota-kota baru, maupun event tertentu.

Hampir seluruh versi resmi (official) RO sudah memasuki masa komersil di mana pemain harus membayar untuk bermain (pay-to-play). Perlu dibedakan, terdapat pula private server yang merupakan server tidak official (ilegal) dan tidak ada toleransi dari Gravity serta penyelenggara RO di seluruh belahan dunia.

Dalam permainan ini, yang berlatar di dunia Rune Midgard, tidak ada jalan cerita sehingga pemain bebas melakukan apa yang diinginkan, walaupun ada beberapa ceritasampingan atau quest yang dibuat oleh pengembang game.

Sistem tanpa cerita ini membuat pemain sangat leluasa. Walaupun demikian, seperti pada umumnya game MMORPG, pada umumnya yang dikejar oleh pemain adalah kenaikan level (atau lebih dikenal dengan istilah leveling) sampai level maximal, dalam Ragnarok Online yang resmi, batas maximal adalah 99.

Level pemain dalam RO terbagi 2, base level dan job level. Base level adalah level karakter seseorang yang berpengaruh pada statusnya sedangkan job level memengaruhi kemampuan profesi karakter pemain. Status karakter ada 6 macam yaitu STR (Strength), INT (Intelligence), DEX (Dexterity), LUK (Luck), VIT (Vitality), AGI (Agility) dan pemain bebas menaikkan status yang ia mau.

Kenaikan level (level up) dapat dicapai dengan cara membunuh monster-monster yang tersebar di berbagai tempat, lazimnya ada 2 tipe tempat, yang paling mudah dikenali adalah tempat yang “tertutup” atau lebih sering disebut sebagai dungeon dan tempat terbuka. Membunuh monster memberi pemain 2 macam experience (exp) point, yang dihitung ke base level dan job level.

Apabila karakter sudah mengumpulkan exp yang cukup maka level karakter akan naik.
Sistem ekonomi RO dijalankan dengan mata uang Zeny dan berjalan sesuai dengan hukum pasar, terutama oleh penjualan barang-barang langka yang tidak bisa ditemukan di toko yang berputar di kalangan pemain berlevel tinggi

Dalam RO, pemain akan memulai permainan sebagai novice dan setelah mencapai Basic Skill (Kemampuan Dasar) level 9 pada job level 10 maka pemain memiliki pilihan untuk melanjutkan ke salah satu di antara 6 profesi lanjutan atau tetap menjadi novice yang dikenal juga sebagai Super Novice.

Setelah job 1, tersedia job 2. Pemain minimal job 1 dengan job level 40 baru bisa berubah menjadi job 2. Dan untuk job 3, pemain harus job 2 dengan base level 99 dan job level 50 untuk transcended/rebirth serta biaya 1.285.000 zeny. Tempat berubah ada di Kastil Sage di kota Yuno. Update Terbaru dari RO adanya job 4 yang diimplementasikan pada renewal server.

Pada beberapa server memiliki perbedaan nama / sebutan untuk beberapa job, namun pada dasarnya yang dimaksud adalah sama, contohnya MasterSmith dan WhiteSmith. Salah satu daya tarik utama dari game Ragnarok Online adalah War of Emperium (WOE). War of Emperium adalah perang antar guild di kerajaan Rune-Midgard untuk memperebutkan beberapa istana yang tersebar di kota Prontera, Payon, Geffen, dan Al de Baran.

Untuk bisa berpartisipasi dalam WOE, karakter harus memiliki sebuah guild terlebih dahulu. Untuk membentuk sebuah guild, seorang pemain membutuhkan sebuah item langka yang bernama Emperium. Emperium sendiri adalah nama dari sebuah batu mulia di dunia Rune-Midgard yang dikatakan bisa memberikan kekuatan dan kekuasaan bagi siapapun yang memilikinya.