Game Raknarok Valkyrie

Setelah menunggu cukup lama akhirnya kamu bisa melihat poring si monster imut khas Ragnarok Online (RO) di iOS dan Android melalui game Ragnarok Valkyrie. Game yang diadaptasi dari MMORPG yang cukup legendaris baik di internasional maupun Indonesia tersebut kini merambah ke pasar mobile. Sekilas dari screenshot, Ragnarok Valkyrie sangat mirip dengan Ragnarok original dan saya pastikan setiap pecinta RO pasti penasaran dengan Ragnarok Valkyrie. Pertanyaannya sekarang adalah apakah versi mobile ini benar-benar sama persis alias jiplak versi pendahulunya? Dan apakah kualitasnya di perangkat mobile bisa menyaingi kualitas pendahulunya di PC?

Kamu akan menjadi seorang pejuang di dunia Rune Midgard yang bertugas mengusir kekuatan jahat yang kembali menghantui di dunia tersebut. Namun karena game ini berbasis MMORPG Korea, cerita bukanlah hal yang penting sehingga inti permainan di sini adalah menaikkan level kamu setinggi-tingginya sambil bersosialisasi dengan player lain. Kamu bisa memilih 3 job yaitu swordman, mage, atau acolyte.

Pilihan job yang ada sebenarnya kurang membangkitkan nostalgia kamu kepada Ragnarok originalnya karena versi originalnya memiliki 13 job dasar. Begitu pula yang terdapat pada elemen status tiap karakter, tidak terdapat status Dex dan Luck di sini. Selain itu, kamu akan langsung menjadi job yang kamu pilih tanpa melalui peran sebagai novice terlebih dahulu.

Kontrol adalah hal yang tidak perlu kamu pusingkan karena setelah kamu memilih job, kamu akan dijelaskan bagaimana mengendalikan karakter. Pengendalian karakter di sini sudah sangat disesuaikan dengan gaya mobile. Kamu bisa menggerakkan karakter dengan virtual d-pad atau tap pada posisi tujuan kamu, dua-duanya bisa kamu lakukan secara bersamaan. Begitu pun untuk melakukan serangan ke monster, yang perlu kamu lakukan cukup tap tombol targeting kemudian tap tombol attack atau cukup tap pada monster yang ingin kamu serang. Penggunaan skill, potion, atau pun item lainnya bisa kamu atur melalui quick slot yang disediakan di bagian kanan layar.

Yang sangat memuaskan dan memanjakan adalah terdapat fitur auto route pada mini map yang memungkinkan kamu berjalan dari ujung map ke ujung lainnya dengan satu kali tap saja, sangat berguna bagi kamu untuk melakukan perjalanan jauh. Pengalaman pribadi saya setelah utak-atik sana sini, kontrol gamenya sangat memuaskan dan sangat cocok dimainkan di gadget mobile.

Ngomong-ngomong soal map, map di Ragnarok Valkyrie tidak sama persis dengan map game pendahulunya namun tipe-tipe, ukuran, dan namanya sangat identik. Kamu akan menjumpai pohon-pohon, gedung-gedung, dan jenis field yang relatif sama dengan versi pendahulunya. Kota awal setiap job selalu sama yaitu di kota Lan Forta. Seiring jauhnya kamu bermain, kamu akan mengunjungi kota-kota baru yang sangat bergaya Ragnarok. Namun, kamu tidak akan menemukan kota-kota di Ragnarok original seperti Prontera, Payon, atau Morroc dikarenakan storyline yang ada di game ini memang tidak menyertakan kota-kota tersebut.

Sistem leveling di Ragnarok Valkyrie berbeda dengan Ragnarok originalnya. Kalau diversi originalnya leveling lebih ditekankan dengan sistem grinding, di Ragnarok Valkyrie leveling ditekankan dengan cara menyelesaikan quest. Quest di game ini bisa kamu dapatkan baik di kota, field, dan di dungeon. Jumlah quest yang bisa kamu selesaikan sangat banyak, di setiap level kamu pasti menemukan 3-4 quest yang bisa kamu selesaikan.

Sayangnya, setiap quest yang saya temui sangat monoton karena hanya berkisar membunuh monster, mengumpulkan barang, dan berbicara kepada NPC. Untungnya monster-monster yang ada sangat membangkitkan nostalgia tentang Ragnarok original, di mana kamu bisa menemukan monster dari yang hanya sekelas poring hingga monster sekaliber Dark Lord. Leveling dapat menaikkan dua jenis level yaitu level karakter dan level job. Kenaikan level karakter akan memberikan kamu poin untuk menaikkan status sedangkan kenaikan level job memberikan kamu poin untuk menaikkan skill.

Elemen-elemen khas Ragnarok lainnya tak lupa pula disertakan, kamu bisa membeli equipment lengkap dari kepala sampai kaki hingga aksesoris, kamu bisa melakukan upgrade equipment dengan phracon hingga elunium, berubah ke job 2 pada job level 35, menggunakan peco-peco sebagai tunggangan, PvP ala Ragnarok, bahkan tak ketinggalan setiap equipment memiliki slot yang dapat diberi kartu yang dapat menambah atribut karakter.

Cara menaikkan status karakter pun sama persis seperti di Ragnarok original, semakin tinggi status maka poin yang dibutuhkan untuk menaikkan status akan semakin tinggi pula. Skill-skill yang terdapat di game ini sangat mirip dengan Ragnarok original dari nama, damage, hingga efek animasinya.

Fitur yang masih dinantikan adalah War of Emperium (WoE). Bagi yang belum tahu, WoE adalah perang antar guild untuk memperebutkan kastil di suatu wilayah. Guild yang mendapatkan kastil akan menaikkan harga diri guild dan memperoleh item-item menarik dari dungeon kastilnya. Bahkan salah satu alasan mengapa Ragnarok Original di Indonesia bisa bertahan hingga kini sejak 10 tahun yang lalu menurut saya adalah saking serunya fitur WoE tersebut.

Grafis di Ragnarok Valkyrie sangat-sangat mirip dengan yang ada pada Ragnarok original. Meski begitu, detilnya kurang bagus karena setiap objek tampak lebih kotak-kotak, kasar, dan jaggies. Jujur saja hal ini cukup mengecewakan bagi saya karena smartphone zaman sekarang sudah mempunyai hardware yang kencang-kencang, namun sang developer tidak memanfaatkannya. Begitu pula animasi gerakan karakter dan pergeseran map, kedua hal tersebut terasa tidak sehalus versi originalnya namun masih dapat ditolerir karena saya masih dapat menikmatinya.

Sound effect dan BGM yang digunakan sama persis dengan versi originalnya. Kesamaan tersebut tentu dapat membangkitkan memori-memori kamu ketika dulu pertama kali bermain Ragnarok dan seperti yang kita tahu bahwa kualitas sound di Ragnarok digarap dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *