Game Zenomania 5 RPG Online

Apa kabar para Zenomania? Pastinya kamu sangat-sangat menunggu game yang satu ini. Saya menunggu sampai benar-benar sudah menamatkan game ini baru menulis review ini karena Zenonia adalah salah satu seri RPG gratis terbaik dan saya ingin mendapatkan feel yang menyeluruh. So mari kita lihat apa yang ditawarkan Zenonia 5 ini.

Seperti game-game Zenonia terdahulu, Zenonia 5 berkisah tentang perjuangan para jagoan dalam menumpas bangsa iblis. Cerita game ini berlangsung beberapa ratus tahun setelah Regret di Zenonia 4 mengalahkan Dark Lord Shaturu. Setelah Dark Lord dikalahkan, bangsa iblis yang tersisa melarikan diri ke tempat terpencil untuk suatu saat membalas dendam kepada bangsa manusia.

Setelah beberapa ratus tahun sementara manusia semakin rakus akan kekuasan dan harta, bangsa iblis yang semakin bertambah kuat mulai menyerang kembali dunia manusia. Di sini tugasmu sebagai jagoan, ya mengalahkan pemimpin dari bangsa iblis tersebut. Sekilas main storyline dari setiap Zenonia series mirip-mirip sih, yang membedakan hanya cara bagaimana si jagoan melawan bangsa iblis tersebut.

Yang saya sayangkan di game ini adalah ceritanya terlalu linear. Walaupun kamu diberi kebebasan untuk memilih 4 tokoh yang berbeda, tapi ke empat tokoh tersebut memiliki cerita yang sama. Ya kalau di Zenonia 4 sih tidak masalah ceritanya sama karena tokohnya juga cuma satu. Di sini ada 4 tokoh, tapi memiliki cerita yang sama. Hmmm…

Nah kalau tadi dari sisi story sekarang dari sisi gameplay dan kualitas dari game ini. Ga usah kamu ragukan lagi deh, game ini bener-bener mantap. Grafisnya jauhhh lebih tajam dibandingkan dengan Zenonia 4. Cara bermainnya masih sama dengan Zenonia 4 dan juga KRPG pada umumnya jadi saya tidak akan menjelaskan lagi mengenai core gameplaynya.

Di Zenonia 5 mode PvPnya terasa lebih hidup dan menantang ketimbang prequelnya. Kenapa saya bilang menantang? Yang paling pertama adalah AI yang lebih baik. Di Zenonia 4 musuh cenderung lari ke arah kita dan cara mengalahkannya cukup dengan mengeluarkan jebakan di depan kamu berdiri.

Tapi kalau di sini, musuhmu bisa menggunakan jalan memutar dan menghindari jebakan yang telah kamu siapkan. Di tambah pula reward dan point yang kamu dapatkan setelah PvP, membuat saya terkadang lebih suka bermain PvP ketimbang menamatkan storyline. Cuma ya, big quality come with big cost, game ini cukup berat ketika dimainkan di iPad 2. Jika saya minimize game dan membukanya kembali, terkadang Zenonia 5 suka lag atau ada bagian suaranya yang hilang, untuk membuatnya normal kembali, saya harus merestart game.

Nah mungkin para gamer juga bertanya, apakah game ini “Freemium” juga seperti prequelnya? Jawabannya iya. Zenonia 5 ini lebih banyak item yang bisa kamu beli menggunakan ZEN (mata uang berbayar di game ini). Dari mulai stat, skill, item chest, bahkan avatar-avatar yang keren hanya bisa kamu beli menggunakan ZEN. Namun kamu jangan takut. Gamevil sering mengeluarkan event-event yang berhadiah ZEN gratis kok. So kalau kamu mau bersabar dan rajin mengikuti event-event dari Gamevil, kamu bisa juga kok mendapatkan avatar keren yang kamu mau.

Secara overall game ini cukup sempurna, qualitas yang lebih sempurna dari game pendahulunya, sistem PvP yang lebih menantang, item-item baru yang keren dan masih banyak lagi hal-hal keren lainnya yang kamu bisa dapatkan di game ini. Buat teman-teman penggemar Zenonia series, pastinya game ini tidak boleh kamu lewatkan dong, kapan lagi main game Action RPG dengan beravatar seperti Kamen Rider… Have fun with Zenonia 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *