Skill Hero Dota 2 Keeper of The Light

Keeper of The Light adalah intelligence jarak jauh dengan kemampuan team fight yang sangat kuat. Meskipun cukup rapuh dan gampang dibunuh, ia punya burst damage serta sustain yang sangat kuat. Ia seorang diri mampu membuat timnya mampu melalukan team fight dan engage kapan pun dan di posisi mana pun. Hero ini sering dipasang sebagai support. Namun jika mendapat matchup yang mudah ia juga bisa dipasang sebagai offlaner meskipun sangat jarang. Terlepas dari itu, KoTL mampu melakukan farm dengan skill set yang ia miliki.

Kelebihan :

  • Waveclear yang sangat kuat
  • Mampu memberikan sustain terus menerus
  • Memungkinkan timnya melakukan split push dan team fight kapan pun
  • Movement speed yang tinggi

Kekurangan :

  • Sangat mudah mati

Skill Set

1. Illuminate

KoTL melakukan channeling untuk mengumpulkan energi di ujung tongkatnya. Ketika channeling dilepaskan, ia akan mengeluarkan gelombang energi yang menghasilkan damage ke lawan, serta vision ke area yang dilintasi. Semakin lama KoTL melakukan channeling, semakin besar pula damage yang akan ia hasilkan. Jika menggunakan Aghanim’s Scepter, Illuminate akan memberikan heal ke rekan setim yang dilintasi saat day time atau pagi hari. Satu alasan kenapa KoTL mampu melakukan farm dan waveclear dengan cepat adalah karena spell yang satu ini. Illuminate level dua saja mampu menguras setengah HP satu creepwave.

Di awal permainan, damage yang dihasilkan Illuminate cukup besar untuk membuat hero lawan ekstra hati-hati ketika berada di lane. Jika kena sekali saja, ia terpaksa harus membuang satu regenerasi. Apalagi dengan cooldown yang cukup singkat, KoTL bisa menggunakan spell ini berkali-kali. Dalam permainan secara keseluruhan, Illuminate juga sangat berguna untuk menghabisi creepwave dengan cepat. Selain bisa menjadi alat farming yang kuat, ini juga membuat Illuminate bisa menjadi spell yang sangat kuat dalam stalling atau menahan lawan ketikan melakukan push. Dengan Aghanim’s Scepter, spell ini akan menjadi sangat menjengkelkan. Bayangkan, saat melakukan push, semua damage yang dihasilkan lawan menjadi percuma karena efek heal dari spell ini.

2. Mana Leak

KoTL melemahkan kemampuan spell lawannya. Ketika aktif, lawan yang terkena Mana Leak akan kehilangan saat bergerak. Jika lawan kehilangan seluruh mana yang ia miliki saat debuff Mana Leak masih aktif, ia akan terkena stun. Mana Leak adalah spell yang juga sangat menjengkelkan terutama di late game. Lawan yang terkena ini akan dipaksa untuk tidak bergerak. Jika tidak, ia akan kehilangan mana yang cukup besar. Karena mana yang dikurangi bersifat persenan, spell ini punya potensi scaling yang tinggi karena akan menguras mana yang cukup banyak di late game. Ini jelas akan mengurangi potensi hero lawan dalam team fight, terutama hero yang bergantung pada penggunaan mana.

Satu hal yang membuat spell ini semakin menjengkelkan adalah efek stun yang muncul ketika lawannya kehabisan mana akibat spell ini. Bahkan jika lawannya adalah hero yang tidak bergantung pada mana, efek stun ini tetap signifikan karena durasinya yang lama yaitu tiga detik. Apalagi KoTL juga punya cara sendiri untuk memaksa lawannya bergerak.

3. Chakra Magic

Mengisi kembali mana rekan setim atau diri sendiri. Hero yang menjadi target juga mendapatkan debuff yang mengurangi cooldown spell yang ia gunakan berikutnya. Dengan Chakra Magic, kamu dan juga timmu tidak perlu takut kehabisan mana untuk menggunakan spell. Ini memungkinkan timmu untuk tetap aktif dalam map dan mengambil inisiatif kapan pun. Cooldown reduction yang diberikan juga memberikan sedikit keunggulan dalam team fight atau gank.

4. Spirit Form

KoTL mengubah tubuhnya menjadi bercahaya dan mendapatkan dua spell baru. Channeling Illumuniate juga dilakukan terpisah dari badan kamu. Jika menggunakan Aghanim’s Scepter, KoTL akan berada dalam Spirit Form secara permanen, dan mendapatkan semua efek spell tersebut. Di pagi hari, KoTL juga akan mendapatkan unobstructed vision alias vision yang bisa melewati pohon dan tebing. Kekuatan utama Spirit Form ada pada semua spell dan kemampuan yang ia peroleh, yaitu:

Recall

Setelah delay beberapa detik, KoTL memanggil satu rekan setimnya ke tempat ia berada. Jika rekan yang jadi target menerima player-based damage, efek Recall akan dibatalkan. Recall memungkinkan tim kamu untuk melakukan setup dengan mudah dari posisi mana pun. Hanya KoTL yang perlu bersiap di posisi yang diinginkan. Kemudian ia bisa memanggil satu atau dua rekan setimnya ke posisi tersebut.

Ini juga memungkinkan tim melakukan split push dan farm secara terpisah. Karena KoTL bisa melakukan Recall kapan saja saat hero yang melakukan split push dibutuhkan. Ini memungkinkanmu mengendalikan map karena beberapa hero bisa melakukan push di lane yang berbeda, namun tetap siap untuk melakukan team fight. Ditambah dengan kemampuannya untuk membuat timnya selalu punya persediaan mana dan HP, KoTL memungkinkan timnya untuk terus aktif sepanjang permainan, apalagi jika memiliki Aghanim.

Blinding Light

KoTL mengeluarkan kilatan cahaya ke satu titik, mendorong lawan di sekitarnya menjauh dari titik tersebut. Lawan yang terdorong akan terkena efek blind selama beberapa detik. Blinding Light adalah spell yang sangat efektif menghadapi hero yang mengandalkan serangan fisik. Efek blind yang diberikan akan membuat mayoritas serangan hero tersebut percuma. Namun yang lebih menjengkelkan dari spell ini adalah efek knockback yang dihasilkan.

Jika Blinding Light ditempatkan dengan balik, efek knockback ini akan mengubah posisi lawan secara drastis. Ini memaksa lawan membuang waktu untuk kembali mendekat atau mencari posisi yang lebih baik dalam team fight. Tidak cuma itu, spell ini juga bersinergi dengan Mana Leak. Jadi jika lawanmu sudah kekurangan mana, Blinding Light akan memaksa efek stun Mana Leak aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *