Super Mario Bros

Super Mario Bros

Saya pikir tidak ada satupun orang yang mengaku gamer di dunia ini yang tidak mengenal theme song dari seri Super Mario Bros.
Begitu memorable, begitu cocok dengan tema yang diusung oleh game ini sendiri.
Tidak hanya lagu pembukanya saja, namun juga lagu di kastil King Koopa yang berhasil membawa nuansa mencekam yang kental.
Saya sendiri masih belum bisa melupakan perasaan gugup yang selalu hadir setiap kali mendengar lagu di kastil itu. Lagu yang selalu berhasil membuat saya gagal melompati platform yang seharusnya mudah dilewati.

Jamur Tersembunyi!

Sesuatu yang tidak mungkin sebenarnya untuk menamatkan Super Mario Bros ini dengan hanya bermodalkan jumlah nyawa default di awal permainan. Untung saja game ini menawarkan kesempatan untuk mendapatkan tambahan nyawa dalam permainan. Cara yang paling mudah? Mengumpulkan koin yang tersebar di sepanjang game.
100 koin yang didapatkan akan membuahkan satu tambahan nyawa. Namun, ada cara yang lebih asik lagi

Super Mario Bros menyembunyikan cukup banyak 1UP yang tersebar secara acak di seluruh level game ini.
Tambahan nyawa yang berbentuk jamur kuning dengan totol hijau ini memang menarik.
Saya sendiri pernah menghabiskan cukup banyak waktu hanya untuk mengetahui lokasi 1UP ini.
Caranya? Dengan melompat sesering mungkin di setiap tempat lowong yang ada.
Walaupun tidak mendapatkan hasil yang maksimal, namun kepuasan ketika mendapatkan lokasi jamur kuning ini memang tidak tergambarkan.
Apalagi pengetahuan ini dapat kita gunakan ketika harus memainkan game ini dari awal lagi dan semakin memperbesar kemungkinan kita untuk menang.

Level Menyelam

Level yang mengharuskan Mario menyelam di laut mungkin menjadi level favorit saya.
Gaya berenang Mario yang lucu, musuh yang butuh strategi khusus untuk melawannya, soundtrack yang  mendukung, dan yang pastinya suasana level yang tidak membosankan.
Saya sendiri cukup ingat bagaimana perasaan takjub saya ketika level ini di masa kecil dulu.
Menembakkan api di dalam air.

Gameplay Secara Keseluruhan

Super Mario Bros merupakan game yang menurut saya pribadi, sempurna secara keseluruhan – khususnya pada bagian gameplay.
Semua elemen dibangun dengan begitu apik. Cara membunuh musuh dengan cara menginjaknya menjadi tindakan ikonik yang mampu menawarkan ketegangan dalam sebuah kesederhanaan permainan.
Tunjuk jari bagi yang selalu berpikir dua sampai tiga kali sebelum memerintahkan Mario menginjak musuh yang berada di depannya! Saya termasuk salah satunya.
Apalagi musuh yang dihadirkan begitu beragam. Beda musuh, beda strategi.

Elemen seperti jamur dan bunga untuk meng-upgrade Mario dan bintang untuk membuatnya kebal menjadi nilai tambah yang membuat permainan menjadi asik.
Anda bisa saja melewati semua level dengan cepat namun gegabah, dan harus menghadapi King Koopa dalam wujud Mario Kecil.
Atau sedikit lebih berhati-hati menjaga kekuatan tembakan api sepanjang permainan agar lebih mudah melawan King Koopa ke depannya? Saya lebih sering menjalankan strategi yang pertama, tetapi dengan satu hasil yang lebih pasti : Sering mati.

Warp Point

Umumnya, game NES belum mengenal sistem save point. Dengan begitu, bila Anda mati, Anda akan mengulang permainan dari awal level.
Namun, sistemnya berbeda di Mario. Ada warp point rahasia yang dapat diakses jika kita mengetahui lokasinya. Bosan harus mengulang level dari awal lagi? Lompati saja levelnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *