Wild ARMs

Wild ARMs

Wild ARMs – Awal dari permainan Wild ARMs merupakan keunikan pertama dari JRPG yang ada di zaman itu. Anda tentunya masih ingat mengenai pemilihan karakter sebelum memulai game ‘kan? Anda dapat memilih salah satu dari tiga karakter yang dimainkan, yaitu Rudy Roughknight sang Dream Chaser, Jack Van Burace beserta tikus setianya Hanpan, dan Cecilia Lynn Adlehyde, putri kerajaan Adhelhyde yang memiliki rasa keadilan tinggi. Ketiga karakter ini memang akhirnya akan bersatu di kerajaan Adhelhyde, tetapi awal permainan seperti ini membuat cerita antarkarakter menjadi lebih kuat dan mudah dipahami. Cobalah Anda bandingkan dengan game yang menceritakan masa lalu setiap karakternya dengan beragam flashback saja. Di Wild ARMs, seakan Anda merasakan sendiri problem yang ada di diri karakter sebelum mereka berpetualang bersama.

Baca juga

Warspear Online

Tentunya Anda masih ingat bagaimana perasaan ketika melihat Rudy menolong seorang anak dari cengkeraman monster dan dibalas dengan diusir dari desa Surf Village ‘kan? Perlakuan tersebut diterima Rudy karena ia terpaksa menggunakan ARMs miliknya untuk membunuh monster tersebut. Ternyata, ARMs merupakan alat perang yang dianggap terkutuk oleh penduduk desa tersebut (dan semua penduduk Filgaia) dan Rudy dianggap akan membawa malapetaka bila dibiarkan ada di desa tersebut. Begitu juga dengan usaha Jack untuk lari dari masa lalunya serta tekanan yang dirasakan Cecil akibat harus mengemban reputasi kakaknya yang terlalu besar.

Terlebih lagi dengan semua konflik yang dirasakan Rudy ketika mengetahui bahwa dirinya ternyata bukan manusia! Jadi, tidak berlebihan bila game ini dicap sebagai JRPG dengan cerita yang sangat bagus dan dalam ‘kan?
Bentuk permainan dalam game ini juga menarik untuk diikuti. Wild ARMs menggunakan dua jenis tampilan ketika dimainkan, yaitu 2D dan 3D. Tampilan 2D dapat ditemukan ketika Anda menjelajahi dunia Filgaia yang luas dan dipenuhi misteri. Sedangkan tampilan berubah ke 3D ketika Anda bertarung dengan monster melalui random encounter. Penggunaan random encounter untuk menentukan kapan Anda melawan musuh merupakan hal yang lazim pada zaman itu. Karakter yang Anda mainkan akan secara acak bertemu dengan musuh ketika menjelajahi permainan dan Anda akan dipindahkan ke layar pertarungan. Jadi, Anda tidak dapat melihat langsung musuh yang berkeliaran di daerah permainan, seperti yang biasanya ada di RPG next-gen.

Pertarungan di game ini juga memiliki elemen yang menarik. Anda tentunya masih ingat beberapa perintah yang ditemui dalam layar pertarungan ini, bukan? Anda dapat memerintahkan party yang terdiri dari tiga karakter untuk menyerang secara manual dan otomatis, tergantung dari taktik yang sebelumnya telah Anda susun. Pertarungan berjalan seperti JRPG lain, yaitu kecepatan karakter dan musuh akan menentukan siapa yang menyerang terlebih dahulu. Namun, ada satu feature unik yang hanya dapat ditemui di seri Wild ARMs, yaitu Force.

Sistem Force pada dasarnya adalah indikator yang bertambah bila karakter menyerang dan menerima serangan. Hampir mirip dengan indikator special moves di game fighting. Setelah mencapai batasan tertentu, Force akan meningkat levelnya. Total terdapat empat level Force yang bila berhasil dipenuhi akan memberikan bonus kerusakan di serangan Anda. Namun, tujuan utama dari Force bukan hanya itu. Anda dapat menggunakannya untuk mengeluarkan jurus spesial. Setiap karakter memiliki jurus yang berbeda dan sangat membantu ketika menghadapi pertarungan yang berat, seperti ketika menghadapi Boss.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *